Jelaskan tentang Melemahnya Permintaan Agregate dan Melemahnya Penawaran Agregate karena pengaruh pengangguran?

 on Friday, July 10, 2015  

Berikut ini beberapa pengaruh pengangguran terhadap pembangunan nasional.
a. Terganggunya Stabilitas Perekonomian Baik dari Permintaan Agrerate dan Penawaran Agregate

1) Melemahnya Permintaan Agregate (Total)
Untuk bertahan hidup maka manusia harus bekerja.Dengan bekerja, manusia akan memperoleh penghasilan untuk belanja barang dan jasa. Jika pengangguran tinggi dan bersifat struktural, maka daya beli akan menurun yang akhirnya menimbulkan penurunan permintaan agregate.

2) Melemahnya Penawaran Agregate
Dampak pengangguran terhadap penawaran agregate makin terasa dalam jangka panjang. Makin lama seseorang menganggur, keterampilan dan produktivitasnya akan menurun. Dampak dari permintaan agregate yang sangat lemah, mengakibatkan keseimbangan ekonomi berada di tingkat yang sangat rendah. Akibatnya tingkat produksi harus diturunkan, sehingga biaya produksi per unit akan meningkat dan penawaraan agregate menurun. Menurunnya permintaan agregate dan penawaran agregate akan mengganggu proses pembangunan yang mengancam stabilitas perekonomian.

b. Terganggunya Stabilitas Sosial - Politik
Kegiatan ekonomi yang lesu dan pengangguran yang tinggi dapat menimbulkan rasa tidak puas masyarakat pada pemerintah. Golongan yang memerintah semakin tidak dihiraukan di mata masyarakat. Berbagai tuntutan dan kritik akan dilontarkan pada pemerintah dan adakalanya disertai demonstrasi dan huru-hara. Dengan demikian kegiatan-kegiatan bersifat kriminal (pencuriandan perampokan) akan meningkat.

Jelaskan tentang Melemahnya Permintaan Agregate dan Melemahnya Penawaran Agregate karena pengaruh pengangguran? 4.5 5 k Friday, July 10, 2015 Berikut ini beberapa pengaruh pengangguran terhadap pembangunan nasional. a. Terganggunya Stabilitas Perekonomian Baik dari Permintaan Agrer...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.