Jelaskan 4 tahap teori pertumbuhan ekonomi menurut Frederich List (1789 - 1846) secara lengkap?

 on Tuesday, April 28, 2015  

 4 tahap teori  pertumbuhan ekonomi  menurut Frederich List (1789 - 1846) adalah:
Frederich List menguraikan pertumbuhan ekonomi yang dialami suatu negara berdasarkan cara produksi (teknik produksi) dan mata pencaharian masyarakat. Frederich List membagi pertumbuhan ekonomi ke dalamtahapan yang bertingkat-tingkat seperti sebuah tangga sehingga disebut “Stuffen Theorien” (teori tangga).

1) Masa berburu dan mengembara
Pada masa ini manusia memenuhi kebutuhannya dengan berburu dan mengembara. Berburu dilakukan oleh laki-laki, sedang perempuan bertugas mencari umbi-umbian, buah dan sayuran. Jika hewan dan tumbuhan sebagai makanan telah habis di suatu tempat, mereka akan berpindah (mengembara) ke tempat lain, demikian seterusnya. Pada masa ini belum ada pertukaran, karena manusia hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

2) Masa beternak dan bertani
Pada masa ini manusia sudah mulai menetap di suatu tempat, mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan cara beternak dan bertani. Binatang buruan yang diperoleh sebagian dipelihara untuk diambil daging atau telurnya. Umbi-umbian, buah, sayuran dan tanaman lain yang disukaiditanam agar suatu saat bisa dipanen dan dijadikan bahan makanan.Karena tinggal menetap maka pada masa ini mulai timbul perkampungan atau desa-desa.


3) Masa bertani dan kerajinan
Pada masa ini, selain bertani manusia sudah mulai mengembangkan kerajinan yang ada hubungannya dengan pertanian, seperti pandai besi dan pertukangan. Kerajinan dikerjakan untuk memanfaatkan waktu luang setelah mengerjakan pekerjaan bertani.

4) Masa kerajinan, industri dan perniagaan
Pada masa ini, selain kerajinan manusia juga telah melakukan kegiatan industri (mendirikan pabrik-pabrik) dan perniagaan (perdagangan). Sehingga muncul kota-kota sebagai pusat industri dan perdagangan. Pada masa ini ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang cepat dan perdagangan tidak hanya bersifat nasional tetapi sudah bersifat internasional, karena didukung oleh alat-alat transportasi
Jelaskan 4 tahap teori pertumbuhan ekonomi menurut Frederich List (1789 - 1846) secara lengkap? 4.5 5 k Tuesday, April 28, 2015  4 tahap teori  pertumbuhan ekonomi  menurut Frederich List (1789 - 1846) adalah: Frederich List menguraikan pertumbuhan ekonomi yang dialam...


1 comment:

Laman

Label

Powered by Blogger.