Apa perbedaan pendapatan nasional dan pendapatan negara?

 on Monday, November 9, 2015  

  Pendapatan Nasional berbeda dengan Pendapatan Negara. Pendapatan Nasional lebih luas cakupannya dibandingkan pendapatan Negara. Dalam Pendapatan Nasional, pendapatan yang dihitung mencakup pendapatan yang diterima oleh semua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah (negara) dan masyarakat luar negeri, sedangkan Pendapatan Negara hanya  merupakan penerimaan yang diperoleh suatu negara selama 1 tahun untuk membiayai kebutuhannya.

Dilihat dari sifatnya, belanja atau pengeluaran negara dapat dibedakan menjadi dua ?
 Jawab:
Jika dilihat dari sifatnya, belanja atau pengeluaran negara dapat dibedakan menjadi dua macam
  1. Pengeluaran yang bersifat ekskausatif, yaitu pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang dapat langsung dikonsumsi atau dapat menghasilkan barang lain
  2.  Pengeluaran yang bersifat transfer, yaitu pengeluaran yang berbentuk dana bantuan sosial, seperti subsidi atau sumbangan kepada korban bencana alam dan hadiah-hadiah kepada negara lain.

Jelaskan Perubahan Periode Anggaran Pada masa pemerintahan Orba?
 Jawab:
Pada masa pemerintahan Orba, periode anggaran dimulai 1 April - 31 Maret tahun berikutnya. Sejak pemerintahan Abdurrahman Wahid, periode tersebut diubah menjadi 1 Januari - 31 Desember tahun yang sama. Akibat perubahan ini, khusus tahun 2000 APBN berlaku hanya sembilan bulan, yaitu 1 April - 31 Desember tahun 2000. Perubahan ini memudahkan siapa pun untuk menganalisis kinerja perekonomian Indonesia, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Struktur APBN dengan tegas memisahkan unsur-unsur apa saja?
Jawab:
1) Struktur APBN dengan tegas memisahkan unsur-unsur sebagai berikut:
a) pendapatan negara dan hibah,
b) belanja negara,
c) defisit/surplus, dan
d) pembiayaan.
Apa perbedaan pendapatan nasional dan pendapatan negara? 4.5 5 k Monday, November 9, 2015   Pendapatan Nasional berbeda dengan Pendapatan Negara. Pendapatan Nasional lebih luas cakupannya dibandingkan pendapatan Negara. Dalam Pen...


1 comment:

Laman

Label

Powered by Blogger.