Kenapa Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi?

 on Monday, November 9, 2015  

 Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi. Karena, pembangunan ekonomi mencakup hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi bisa diartikan sebagai proses yang bertujuan menaikkan pendapatan per kapita untuk jangka waktu yang panjang dan disertai adanya perubahan struktur ekonomi dan perkembangan IPTEK.

Apa yang lebih dulu harus ditingkatkan  bila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.?
 Jawab:
Bila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Ini berarti negara tersebut harus lebih dulu meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi maka negara tersebut harus lebih dulu meningkatkan kualitas SDMnya dengan cara memperbaiki kualitas ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, sikap dan pola pikir.

 Apa yang dilakukan negara-negara Agar bisa melakukan investasi yang lebih besar?
 Jasab:
Agar bisa melakukan investasi yang lebih besar, umumnya negara-negara berkembang melakukan pinjaman ke luar negeri. Pinjaman luar negeri akan sangat membantu negara-negara berkembang keluar dari kemiskinan, dengan catatan pinjaman tersebut dikelola dengan baik. Sebaliknya, pinjaman luar negeri justru akan mendatangkan keterpurukan bila dikelola dengan buruk dan dikorupsi terus-menerus

Jelaskan Menurut Karl Bucher pertumbuhan ekonomi masa rumah tangga kota?
 Jawab:
 Masa rumah tangga kota Pertumbuhan jumlah penduduk mengakibatkan kelompok atau desa tidak dapat lagi memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga, timbul pertukaran antar desa yang disebut dengan perdagangan. Pada masa ini, sebagian kelompok masyarakat membangun tempat khusus sebagai pusat perdagangan dan industri yang disebut kota. Selanjutnya, timbul hubungan dagang antara desa dengan kota.

Secara umum pertumbuhan ekonomi di negara maju lebih rendah dibanding di negara berkembang apa alasanya?
Alasannya:
a. Perekonomian di negara maju sudah stabil dan hampir semua sumber daya sudah
digunakan secara optimal sehingga tidak ada peningkatan PDB secara mencolok. Hal ini
berkebalikan dengan negara berkembang. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi negara maju
lebih rendah dibanding negara berkembang.
b. Karena rumus pertumbuhan ekonomi hanya melihat seberapa besar tambahan PDB
satu tahun dibanding PDB tahun sebelumnya. Rumus pertumbuhan ekonomi tidak
mempersoalkan seberapa besar nilai PDB suatu negara, akibatnya walau nilai PDB negara
maju jauh lebih tinggi dibanding negara berkembang tetap saja pertumbuhan ekonomi
negara maju lebih rendah dibanding negara berkembang.
Kenapa Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi? 4.5 5 k Monday, November 9, 2015  Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi. Karena, pembang...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.