Apa pengertian kuota dan premi?

 on Tuesday, September 1, 2015  

Kuota
Kuota adalah batas maksimum jumlah barang yang diizinkan melewati batas suatu negara. Apabila kuota diberlakukan untuk barang ekspor maka disebut kuota ekspor dan apabila dikenakan untuk barang impor maka disebut kuota impor. Kuota dapat dibedakan menjadi:
  1. absolute/unilateral quota yaitu kuota yang besar kecilnya ditentukan oleh satu negara tanpa persetujuan negara lain,
  2. negotiated/bilateral quota yaitu kuota yang besar kecilnya ditentukan oleh perjanjian 2 negara atau lebih,
  3. tarif quota yaitu gabungan antara tarif dan quota
  4.  mixing quota yaitu kuota yang dimaksudkan untuk membatasi penggunaan bahan mentah yang diimpor dalam proses produksi
Efek dari pengenaan kuota impor bagi ekonomi dalam negeri pada dasarnya serupa dengan efek pembebanan tarif impor. Karena barang impor yang diizinkan masuk dibatasi, maka harga barang tersebut baik yang diimpor maupun produksi dalam negeri akan naik. Akibatnya konsumen akan mengurangi jumlah yang diminta dan produsen menambah jumlah yang ditawarkan. Lebih lanjut pemerintah akan mendapatkan fee atas lisensi kuota yang diberikan kepada importir.

Premi
Premi merupakan pemberian dana (dalam bentuk uang) kepada produsen yang berhasil mencapai target produksi seperti yang ditentukan oleh pemerintah. Dengan adanya premi dan subsidi kepada produsen dalam negeri maka harga jual barang menjadi lebih murah sehingga terjangkau masyarakat, hasil produksi meningkat dan perusahaan akan terjaga kelangsungan hidupnya.
Apa pengertian kuota dan premi? 4.5 5 k Tuesday, September 1, 2015 Kuota Kuota adalah batas maksimum jumlah barang yang diizinkan melewati batas suatu negara. Apabila kuota diberlakukan untuk barang ekspor m...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog