Sebutkan kepentingan dari masing-masing pemakai Informasi akuntansi dari luar perusahaan?

 on Wednesday, September 2, 2015  

Pemakai yang berasal dari dalam perusahaan (intern) yaitu pengelola (manajer) perusahaan itu sendiri. Informasi akuntansi diperlukan oleh manajer guna mengetahui kemajuan perusahaan yang dikelolanya sehingga manajer dapat merencanakan suatu tindakan di masa depan yang lebih pasti dan terukur. Pemakai dari luar perusahaan di antaranya, kreditur, investor, pemasok, pelanggan, karyawan, pemerintah, dan masyarakat. Adapun kepentingan dari masing-masing pemakai adalah sebagai berikut.
  1. Kreditur, informasi akuntansi diperlukan oleh kreditur sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pemberian kredit. Berdasarkan informasi akuntansi tersebut, lembaga pemberi kredit (misalnya Bank) dapat memastikan tentang besarnya kredit yang akan diberikan. Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan perusahaan dalam membayar atau mengembalikan pinjaman beserta bunganya.
  2. Investor (penanam modal), informasi akuntansi diperlukan oleh investor untuk membantu dalam menentukan penanaman modalnya serta menilai tentang kemampuan perusahaan dalam memberikan bagian keuntungan/labanya
  3.  Pemasok, informasi akuntansi diperlukan oleh pemasok sebagai alat bantu dalam memprediksi tentang pembayaran atas barang atau jasa yang telah diserahkan kepada perusahaan pada saat jatuh tempo.
  4.  Pelanggan, informasi akuntansi diperlukan oleh pelanggan untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan karena berkaitan dengan perjanjianperjanjian/ kontraknya dengan perusahaan.
  5.  Karyawan, informasi akuntansi diperlukan oleh karyawan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memberikan kontra prestasi (gaji dan upah), bonus serta kelangsungan hidup perusahaan.
  6.  Pemerintah, informasi akuntansi diperlukan oleh pemerintah sebagai dasar prediksi dan penetapan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan ke kas negara sebagai sumber pendapatan negara.
  7. Masyarakat umum, informasi akuntansi diperlukan oleh masyarakat karena berkaitan dengan kepentingan umum dan permasalahan sosial dari perusahaan.

Sebutkan kepentingan dari masing-masing pemakai Informasi akuntansi dari luar perusahaan? 4.5 5 k Wednesday, September 2, 2015 Pemakai yang berasal dari dalam perusahaan (intern) yaitu pengelola (manajer) perusahaan itu sendiri. Informasi akuntansi diperlukan oleh ma...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog