Apa Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional?

 on Saturday, May 2, 2015  

 Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

1. Selera (Kesukaan)
Selera bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional. Selera atau minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap apel Amerika dan pear Shandong dari Cina, mendorong Indonesia untuk mengimpor buahbuahan tersebut. Artinya, Indonesia telah melakukan perdagangan internasional dengan Amerika dan Cina.

2. Penghematan Biaya Produksi
Bagi negara berkembang yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju, merancang dan membuat sendiri sebuah handphone, akan menghabiskan biaya produksi yang jauh lebih mahal dibanding bila negara tersebut membelinya dari negara lain. Dengan alasan ini, Indonesia lebih suka mengimpor handphone daripada memproduksi sendiri. Selain itu, bagi negara produsen handphone, perdagangan internasional memungkinkan mereka dapat menghemat biaya produksi, karena memproduksi dalam jumlah besar biaya produksi rata-ratanya (average cost) lebih murah.

.3.Perbedaan Teknologi
Perbedaan teknologi mendorong terjadinya perdagangan internasional. Negara maju berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan berbagai produk modern, sangat ingin menjual produknya ke negara lain dengan tujuan memperluas pasar dan memperoleh keuntungan. Adapun negaranegara berkembang yang berteknologi sedang atau rendah, menghendaki perdagangan dengan negara maju agar dapat menggunakan produk mereka dan sebagai sarana alih teknologi.

4. Ingin Meningkatkan Keuntungan
Produsen memproduksi dan menjual produk dengan tujuan memperoleh keuntungan. Apabila produsen tersebut menjual produknya sampai ke luar negeri maka keuntungan yang diperoleh akan meningkat.

Arti dan Manfaat Perdagangan Internasional

1. Menjaga Stabilitas Harga
Harga suatu barang cenderung meningkat bila jumlah barang yang dimaksud tidak bisa memenuhi permintaan pasar, dengan kata lain jumlah barang lebih sedikit dibanding permintaan. Agar harga tidak terus naik, pemerintah dapat mengimpor barang yang sama sehingga harga dapat stabil kembali

2. Memperluas Lapangan Kerja
Perdagangan internasional dapat memperluas lapangan kerja. Peningkatan permintaan luar negeri terhadap hasil produksi Indonesia, akan mendorong pengusaha membangun pabrik baru yang membutuhkan tambahan tenaga kerja

3. Mendorong Alih Teknologi
Barang-barang impor yang berteknologi tinggi seperti komputer, handphone, kapal selam dan pesawat tempur, mengharuskan masyarakat memahami dan mampu mengoperasikan barang-barang tersebut. Hal ini mendorong terjadinya alih teknologi dari negara pengekspor (negara maju) ke negara pengimpor (negara berkembang)

4. Memperluas Konsumsi
Dengan perdagangan internasional, hasil produksi suatu negara dapat dikonsumsi secara lebih luas ke negara lain. Misalnya, buah kiwi dari Selandia Baru dan kurma dari Arab bisa dinikmati di banyak negara. Demikian juga berbagai hasil produksi pabrik, seperti TV, kulkas, handphone dan komputer bisa dikonsumsi oleh banyak negara.

5. Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Diproduksi Sendiri
Satelit adalah salah satu contoh barang yang tidak bisa diproduksi oleh negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Indonesia memperoleh satelit dengan cara membeli dari Amerika. Selain satelit, masih banyak barang lain yang tidak dapat diproduksi Indonesia dan harus diperoleh melalui perdagangan internasional.
Apa Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional? 4.5 5 k Saturday, May 2, 2015  Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional 1. Selera (Kesukaan) Selera bisa mendorong terjadinya perdagangan inter...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog