Jelaskan secara lengkap tentang Laporan Arus Kas?

 on Friday, May 8, 2015  

Laporan Arus Kas
Laporan arus kas adalah laporan keuangan perusahaan yang melaporkan arus kas masuk dan keluar dari suatu perusahaan selama satu periode akuntansi. Laporan arus kas merupakan salah satu laporan keuangan yang berguna bagi manajer untuk menilai operasi masa lalu untuk merencanakan aktivitas investasi serta pembiayaan di masa depan. Adakalanya perusahaan besar yang memiliki laba bersih yang sangat besar ternyata tidak memiliki kas yang cukup untuk membayar gaji pegawai dan membeli perlengkapan. Itu berarti laba bersih yang diperoleh suatu perusahaan belum menjamin bahwa perusahaan tersebut memiIiki uang kas yang cukup untuk membiayai perusahaan. Oleh karena itu, perlu disusun laporan arus kas dengan tujuan sebagai berikut:
a. Untuk memperkirakan arus kas pada masa yang akan datang berdasarkan laporan arus kas
    yang dibuat sekarang.
b. Untuk menentukan apakah perusahaan mampu membayar kewajiban atau tidak dengan
     melihat keadaan kas yang ada.
c. Untuk dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan dalam memperbaiki kinerja perusahaan.
d. Untuk menunjukkan hubungan laba bersih terhadap perubahan kas perusahaan. Pada umumnya perusahaan yang memperoleh laba akan memiliki kas dalam jumlah yang cukup. Sebaliknya, perusahaan yang mengalami rugi akan mengalami kekurangan kas sehingga kesulitan membayar utang dan membiayai kegiatan lainnya.

Aktivitas-aktivitas arus kas dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu
  1. Aktivitas operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.
  2.  Aktivitas investasi adalah aktivitas untuk memperoleh dan melepas aktiva jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.
  3. Aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi, ekuitas atau modal dan pinjaman perusahaan.
Laporan arus kas dapat disusun dengan dua metode, yaitu:
a. Metode langsung
Penyusunan laporan arus kas dengan metode langsung dilakukan dengan cara mengidentifikasi penambahan dan pengurangan kas yang terjadi dalam aktivitas perusahaan. Penggunaan metode langsung lebih mudah dipahami dan mampu memberi informasi dan keterangan lebih banyak untuk dipakai dalam pengambilan kebijakan perusahaan.


b. Metode tidak langsung
Penyusunan laporan arus kas dengan metode tidak langsung dilakukan dengan cara menunjukkan perhitungan yang dimulai antara laba bersih arus kas dari kegiatan operasi, kemudian dengan arus kas dari kegiatan investasi dan arus kas dari kegiatan pendanaan. Dalam menyusun laporan arus kas, saldo akhir pada laporan arus kas harus sama dengan jumlah kas di neraca. Berikut ini akan disajikan laporan arus kas dari “Usaha Reparasi Ananda” dengan menggunakan metode langsung. Setelah itu disajikan pula laporan arus kas dengan menggunakan metode tidak langsung dari suatu CV.
Jelaskan secara lengkap tentang Laporan Arus Kas? 4.5 5 k Friday, May 8, 2015 Laporan Arus Kas Laporan arus kas adalah laporan keuangan perusahaan yang melaporkan arus kas masuk dan keluar dari suatu perusahaan selama ...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog