sebutkan Jenis Laporan Keuangan,Fungsi Laporan Keuangan dan pengertian akun Aktiva?

 on Thursday, May 7, 2015  

Jenis Laporan Keuangan
Ada beberapa jenis laporan keuangan, yaitu:
  1. Laporan laba rugi, yaitu laporan keuangan yang menyajikan rincian pendapatan yang diperoleh dan beban yang terjadi selama satu periode akuntansi di suatu perusahaan.
  2. Laporan perubahan modal, yaitu laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal (ekuitas) suatu perusahaan yang terjadi selama satu periode akuntansi.
  3. Neraca, yaitu laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuanganperusahaan yang terdiri atas harta, kewajiban (utang), dan modal (ekuitas) selama satu periode akuntansi.
  4.  Laporan arus kas, yaitu laporan keuangan yang melaporkan arus kas masuk dan arus kas keluar di suatu perusahaan selama satu periode akuntansi.
Fungsi Laporan Keuangan
Laporan keuangan memiliki beberapa fungsi yang sesuai dengan jenis laporan keuangan yang dibuat, yaitu:
  1. Untuk mengetahui besarnya laba atau rugi yang diperoleh perusahaan dengan membandingkan jumlah pendapatan dan beban.
  2. Untuk mengetahui perubahan modal yang terjadi dalam perusahaan dengan menganalisa faktor-faktor atau transaksi-transaksi yang memengaruhinya
  3.  Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dengan melihat jenis dan jumlah dari harta, kewajiban, dan modal.
  4.  Untuk mengetahui arus kas masuk dan arus kas keluar di suatu perusahaan dan melihat pengaruhnya terhadap saldo kas akhir periode.
Aktiva
Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang berupa aktiva berwujud dan tidak berwujud yang memiliki nilai uang dan akan mendatangkan manfaat pada masa yang akan datang. Aktiva dapat dikelompokkan menjadi:
1) Aktiva lancar (current asset) yaitu kekayaan yang berupa uang tunai dan kekayaan lain yang dapat dicairkan (diuangkan) dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, di antaranya:
a) kas dan bank
b) surat-surat berharga yang mudah dijual
c) deposito jangka pendek
d) wesel tagih
e) piutang usaha
f) piutang lain yang akan direalisasikan dalam jangka waktu satu tahun
g) persediaan
h) pembayaran pajak di muka
i) biaya dibayarkan di muka, yang akan menjadi beban dalam waktu satu tahun, contoh
    asuransi dibayar di muka

2) Investasi Sementara, yaitu investasi dalam bentuk surat berharga (marketable)
yang terdiri dari saham dan obligasi dan tujuan kepemilikan surat-surat berharga ini adalah untuk memanfaatkan dana kas yang berlebih. Dan suatu saat bila dibutuhkan surat-surat berharga tersebut dapat dijual kembali untuk memperoleh uang tunai.

3) Aktiva Tetap (Fixed Assets), terdiri dari :
a) Aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets) adalah aktiva berwujud
yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan cara dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam kegiatan perusahaan dan mempunyai masa pakai/ manfaat lebih dari satu tahun. Contohnya yaitu: gedung, tanah, peralatan, mesin, dan kendaraan.

b) Aktiva tetap tidak berwujud (Intangible Fixed Assets)adalah aktiva yang tidak berwujud (tidak dapat dilihat) yang umumnya berupa hak-hak istimewa atau hak hukum yang berlaku dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun).

Aktiva tetap tidak berwujud terdiri atas:
  1. Hak paten, yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perorangan atau badan usaha sebagai penemu untuk menggunakan penemuannya di bidang teknologi.
  2.  Hak cipta, yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha sebagai pencipta atau penerima hak cipta untuk menjual atau memperbanyak hasil karya seni/ tulisan.
  3. Hak merek, yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada badan usaha untuk menggunakan nama, cap atau lambang bagi usahanya.
  4. Goodwill, yaitu nilai lebih yang dimiliki suatu perusahaan yang timbul karena adanya keistimewaan-keistimewaan tertentu, seperti usaha strategis dan nama terkenal.
  5. Franchise, yaitu hak istimewa yang diperoleh perusahaan atau perseorangan dari pihak lain untuk mengkomersilkan produk, teknik atau formula tertentu.
  6.  Aktiva lain-lain, adalah aktiva yang dimiliki perusahaan tetapi tidak dapat dikelompokkan dalam jenis-jenis aktiva di atas. Contohnya, mesin baru yang belum digunakan, piutang kepada pemegang  saham, dan lain-lain.
sebutkan Jenis Laporan Keuangan,Fungsi Laporan Keuangan dan pengertian akun Aktiva? 4.5 5 k Thursday, May 7, 2015 Jenis Laporan Keuangan Ada beberapa jenis laporan keuangan, yaitu: Laporan laba rugi, yaitu laporan keuangan yang menyajikan rincian pend...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog