Apakah jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas itu?

 on Wednesday, August 26, 2015  

 . Jurnal penerimaan kas adalah
Apakah jurnal penerimaan kas itu? Seluruh transaksi yang menyebabkan bertambahnya jumlah uang kas dicatat dalam jurnal penerimaan kas. Transaksi yang menambah jumlah uang kas, antara lain, transaksi penjualan tunai, potongan penjualan, penerimaan piutang dagang, dan penerimaan uang kas dari para pemilik sebagai setoran modal. Perhatikan bentuk umum jurnal penerimaan kas berikut ini!

Keterangan:
  1. Tanggal: kolom tanggal diisi dengan tahun, bulan, tanggal terjadinya transaksi.
  2.  Nomor bukti: kolom nomor bukti diisi dengan nomor bukti transaksi, seperti nomor kuitansi, cek, atau nomor bukti kas masuk.
  3.  Keterangan: kolom keterangan digunakan untuk mencatat sumber penerimaan kas atau nama transaksi atas akun yang di kredit.
  4.  Referensi: kolom referensi diisi dengan nomor akun pada saat posting, kecuali untuk transaksi yang berkaitan dengan piutang dagang diisi dengan tanda “ ” (chek mark) pada saat transaksi dicatat. Hal ini dilakukan karena pada saat yang bersamaan transaksi tersebut akan dicatat dalam akun pembantu piutang dagang.
  5.  Kas: kolom “kas” diisi dengan jumlah uang yang diterima pada tanggal transaksi yang akan dicatat pada sisi debit akun “kas”.
  6.  Potongan penjualan: kolom potongan penjualan diisi dengan jumlah potongan penjualan yang diberikan pada tanggal transaksi.
  7.  Penjualan: kolom penjualan diisi dengan jumlah barang yang dijual secara tunai, yang akan dicatat pada sisi kredit akun “penjualan”
  8. Piutang dagang: kolom piutang dagang diisi dengan jumlah piutang yang diterima pada tanggal tersebut, yang akan dicatat pada sisi kredit akun “ piutang dagang”
  9.  Serba-serbi: kolom serba-serbi diisi dengan seluruh penerimaan kas, selain dari penjualan tunai dan penerimaan piutang dagang, misal penerimaan bunga, penjualan wesel tagih, dan setoran modal.
Jurnal pengeluaran kas adalah
Apa yang dimaksud dengan jurnal pengeluaran kas? Jurnal pengeluaran kas merupakan jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang menyebabkan berkurangnya kas perusahaan. Pengeluaran yang dicatat dalam jurnal pengeluaran kas, antara lain, pembelian secara tunai, pembayaran beban, pembayaran utang, pengambilan prive, dan pengeluaran-pengeluaran uang lainnya. Perhatikan bentuk jurnal pengeluaran kas berikut.


Keterangan:
  1.  Tanggal: kolom tanggal diisi dengan tahun, bulan, dan tanggal terjadinya transaksi.
  2. ) Nomor bukti: kolom ini digunakan untuk mencatat nomor bukti transaksi, seperti nomor kuitansi, nota kontan, cek, dan bukti kas keluar.
  3.  Keterangan: kolom keterangan digunakan untuk mencatat nama kreditur, akun yang didebit atau nama transaksi.
  4. Referensi: kolom referensi digunakan untuk mencatat tanda “ ” (check mark) bila posting ke dalam buku besar pembantu telah dilakukan dan digunakan untuk mencatat nomor kode akun atas penjualan tunai dan jumlah serba-serbi bila posting ke buku besar telah dilakukan
  5.  Pembelian: kolom ini digunakan untuk mencatat jumlah rupiah transaksi pembelian barang dagang secara tunai.) Utang dagang: kolom ini digunakan untuk mencatat jumlah utang dagang yang dibayar/dilunasi.
  6.  Serba-serbi: kolom ini digunakan untuk mencatat akun dan jumlahnya untuk akun yang tidak disediakan dalam kolom khusus.
  7.  Kas: kolom ini digunakan untuk mencatat jumlah rupiah berkurangnya uang tunai yang dikeluarkan.
  8.  Potongan pembelian: kolom ini digunakan untuk mencatat potonga pembelian yang diterima.
Apakah jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas itu? 4.5 5 k Wednesday, August 26, 2015  . Jurnal penerimaan kas adalah Apakah jurnal penerimaan kas itu? Seluruh transaksi yang menyebabkan bertambahnya jumlah uang kas d...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.