Pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan (HPP) akan melibatkan akun-akun apa saja?

 on Wednesday, October 28, 2015  

Pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan (HPP) akan melibatkan akun-akun Persediaan Barang Dagang, akun Pembelian, akun Beban Angkut Pembelian, akun Retur Pembelian dan Pengurangan Harga, dan akun Potongan Pembelian.

Apa yang dimaksud harga pokok penjualan? 
Harga pokok penjualan adalah jumlah persediaan barang dagang awal ditambah dengan jumlah pembelian bersih dikurangi dengan persediaan barang dagang akhir.

Sebutkan Contoh beban penjualan  apa saja?
Contoh beban penjualan antara lain:
a) beban gaji bagian penjualan,
b) beban iklan,
c) beban angkut penjualan,
d) beban perlengkapan toko, dan lain-lain

Apa keuntungan dan kelemahan penyusunan laba-rugi dengan bentuk single step?
Keuntungan dari bentuk single step adalah pendapatan dibedakan dengan jelas dari beban. Namun terdapat kelemahan dari bentuk single step, yaitu tidak dibedakan antara beban untuk kegiatan utama perusahaan dengan beban lain-lain di luar kegiatan utama perusahaan.

Apa tujuan  membuat neraca saldo setelah penutupan?
Tujuan membuat neraca saldo setelah penutupan adalah untuk memastikan kebenaran buku besar apakah telah seimbang (balance) sebelum memulai pencatatan transaksi pada periode akuntansi berikutnya.

 Apa saja Program aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk pencatatan transaksi keuangan?
Program aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk pencatatan transaksi keuangan yaitu Microsoft Excel, MYOB Accounting, dan sebagainya. Dengan program ini dapat digunakan untuk memasukkan data berupa transaksi keuangan, proses pencatatan transaksi keuangan, sampai dengan penyajian laporan keuangan yang dihasilkan.
Pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan (HPP) akan melibatkan akun-akun apa saja? 4.5 5 k Wednesday, October 28, 2015 Pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan (HPP) akan melibatkan akun-akun Persediaan Barang Dagang, akun P...


No comments:

Post a Comment

Laman

Label

Powered by Blogger.

Arsip Blog